Minggu, 31 Mei 2009

Yogyakarta..

Kota ini menyimpan kenangan buat aku...membentuk pribadiku ..suatu yang baru aku banyak dapatkan...betapa beda dengan kehidupan metropolitan yang membesarkanku....teringat aku....liburan semester pertama aku kembali ke jakarta...begitu senang aku...aku bertemu teman2 ku....sellau tiap hari berganti temen yang menemani untuk bernostalgia menikmati meriahnya jakarta.....

Hari itu...dating dengan seseorang...kauah steak dan 2 gelas minumanmi menju kawasan jalan sabang..sebauh resto steak tujuannya...seperti biasa...walaupun temanku sudah bekerja aku tak mau begitu saja terima traktirannya...tanpa alasan yang kuat........untuk 2 gelas minuman...aku harus share...sekitar Rp 75.000....saat itu ..akhir tahun 1987.....semua biasa saja...setelah itu kami putar2 sebentar..dan pulang.

Perenungan terjadi malam itu...aku mulai berpikir..75 ribu..untuk sepotong daging...hmmm terlalu mahal...aku mulai berhitung..uang kuliah ku per semester hanya 90 ribu....hahhhhhhhhhhhh...dr kiriman setiap bulannya aku tak pernah menghabiskan 50 ribu rupiah untuk makan dalam sebulannya......ohhhh kenapa ini terlalu berlebih untuk sepotong daging bakar dan jus strawberry....ngga mungkin aku lakukan lagi....

Seketika aku menangis...teringat aku teman2 kuliahku.....mereka begitu mumpuni...mereka ..ada yg tiga bersaudara..berjuang untuk mendapat pengurangan biaya kuliah karena ayahnya seorang tukang becak dan mereka masih ingin sekolah....selalu berjalan kaki menuju komplek perkuliahan di bulak sumur....atau temanku yang..berasal dari klaten..ayahnya seorang petani miskin dengan dua bersaudara selau membawa makanan ..dibungkus daun karena ngga kuat untuk beli sego pecel yang saat itu hanya 300 perak....atau ..teman yg dari gunung kidul..yang selalu menggenjot sepedanya..menuju bulak sumur menempuh puluhan kilometer...mereka hanya ingin kuliah ..mereka ingin menuntut ilmu ...mereka..punya cita-cita..!!

Aku harus berubah..!!!!...Tak ada kencan di resto..tak ada hidup hura-hura....aku benci jakarta..aku tak suka kehidupan borjuis..jakarta mahal..jakarta penuh gengsiiiii..!!..Seajak itu aku makin cinta Yogya...kau cinta semerbak rokok klobotmu...aku cinta..sotosawah mu ..aku suka sego pecelmu...dan itu yang memutuskan aku kuliah dengan motorku selam 2 tahun pertama..dan menegmbalikannya pada orang tuaku..dan berganti dengan sepeda merahku. Yang selalu membawaku 5 menit bersepeda..dr jalan kaliurang menuju sebelah gedung pusat UGM yg merupakan kampusku....dengan rambut kucir duaku dan rangsel jayagiriku..ku genjot sepedaku.....Yogya ..I love u...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar