Minggu, 31 Mei 2009

Pasar Ngasem..

Satu  pojok kota Yogya yang paling aku sukai...ada makanan sebangsa tiwul ..penganan yang terbuat dari gaplek...yang merupakan jajanan pasar...tapi tiwul ini tiwul jewawut..apa ya  dalam bahasa indonesianya...makanan ini yang membuatku kangen ingin selau ke pasar ngasem....

Jarang terliahta perempuan muda..yangmengunjungi pasar nagsem...tapi aku dan teman2 genk ku selalu ..setiap minggunya mengabiskan waktu di pasar ini...ada saja yang kami lihat untuk menambha koleksi peliharaan kami di tempat kos...Rasanya ibu kos ku sudah tobat dengan aku...sangkar burung yang berisi burung hantu..selalu jadi masalah untuk teman2 ku...kenapa sihhhhhh burung itu..ngga mengganggu mereka..aku suka mata burung itu..bulat lebar....benar2 seperti bola.....buat ku burung hantu sombol kecerdasan..liat aja iptek selalu mengambil buung hantu sebagai simbolnya....ya burung kecil itu aku dapatkan dari pasar ngasem itu ngan harga beberapa ribu rupiah saja...waktu itu masih bayi..ku kunyah selalu pisang kepok sebelum ku masukkan ke mulutnya...hiihii..ini bayiku...ya ..sampai satu saat dia bisa aku beri potongan daging..warna badannya totol2 abu2....aku bangga dengan burungku...

Ada lagi yang aku dapatkan..di pasar ngasem itu...dengan rasa percaya diri..teman2ku yang suka dengan ayam pelung memilih beberapa anak ayam...aku tak mau kalah..aku pilih yang rasanya paling kokoh..ya mudah2an nanti akan mengeluarkan suara yang bagus....sebulan kutunggu...ayamku bukan ayam pelung...dia ayam walik..ha..ha  ayam denga bulunya yg selalu berdiri.....ha..ha.ha..not so bad...paling tidak dia bukan ayam kampung biasa..aku mengibur diri...kandang burung untuk ayam itu..sudah kekecilan...aku lepas ayam walikku...selamat jalan kawan..walau kau sudah menipuku...aku sayang padamu......

Bukan cuma itu..aku sempat mempunyai beberapa ekor ikan cupang...ku taruh dalam botol-botol selaiku..dan kututup kaos kaki bolongku..selalu ada di kolong tempat tidurku...dan setiap malam minggu teman2ku berkumpul di teras depan kamarku...show time...! adu Cupang...mereka juga membawa cupang2 mereka.....siapa yang kalah...traktir mie godog ya..!..ha..ha..genk ku sangat menyukai ini...aku satu2nya perempuan dalam kelompokku ini...ha..ha sapa takut ...sabuk coklat ku..cukup untuk mengertak mereka..!..Cuma satu yang protes tetangga kamarku...dia selalu keberisikan kalo diapelin pacarnya...huh..sapa suruh pacaran di kamar....ha..haha.....ha..ha...masa mudaku...indah..dan ceria!!

masih ada lagi penghuni dari pasar ngasem..satu gentong ikan black moli yang sudah beranak pinak..aku suka sekali ..dipenuhi tanaman air..gentong air besar itu..adalah mainanku setelah pulang sekolah...ratusan ikan black moli merah dan hitam...

belum lagi akuarium dalam kamarku ..ukurannya hanya 30 cm kali 20 cm...tapi ada semua macam maskoki di dalamnya ..mutiara..rancu...mata balon...aku pelihara dari kecil...selalu kubawa pulang kembali ke bandung dengan plastik..yang kuberi oksigen...denga bis kramat jati..aku selalu membawa mereka berlibur dan kembali lagi ke yogya.....

Ada satu lagi penghuni paar ngasem yang aku pindahkan ke kamar kos ku...treeterrengggggggg tikus putih..ha..ha binatang ini yang sering aku pake untuk menggoda teman2 kost ku..ha..ha mereka tak akan berani masuk kamarku sembarangan..salah2  salah satu tikusku mengeranyangi rok mereka..ha.ha selalu aku bilang begitu..api mana mungkin...lagi2 sangkar burung kecil..adalah rumah tikus2 ku.....mereka cepat sekali beranak pinak..tema2ku dar fak. biologi sering aku kasih untuk praktek mereka...ha..haaaaa..teman sekamarku..ternyata para penghuni pasar ngasemmmmmmmmm!!!..pasar hewan.di pojok selatan kota yogya...!!

Sekarang...aku kangen........tiwul jewawut..!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar